Senam Yoga Untuk Penderita Asma

Senam Yoga Untuk Penderita Asma

Senam yoga yang tidak melibatkan pose-pose yang menuntut stamina atau latihan napas tingkat tinggi sangat bagus untuk membantu menyembuhkan asma. Yoga dapat membantu penderita asma untuk menenangkan pikiran serta mengurangi kecemasan (yang dapat memicu asma). Selain itu, yoga juga bisa membantu mencegah asma berkembang menjadi serangan asma bronchial yang lebih sulit disembuhkan. Akan tetapi, dalam melakukan terapi yoga untuk asma, harap melakukannya dengan pendampingan profesional.

 

senam yoga utk penderita asmaBerikut ini adalah beberapa pose yoga yang baik bagi penderita asma:

  • Sukhasana, yaitu pose yoga termudah namun sangat efektif. Duduk bersila (seperti ketika hendak bermeditasi) dengan punggung tegak. Tarik perut ke arah dalam namun jangan memaksakan diri. Konsentrasi dalam pernapasan sambil mempertahankan pose ini untuk menegakkan tulang punggung serta menenangkan pikiran.
  • Shoulder lifts, yaitu pose yoga untuk meningkatkan kelenturan dan mengurangi ketegangan di pundak dan kepala yang bisa menjurus pada serangan asma. Memutar separuh tulang punggung merupakan cara terbaik untuk merilekskan otot-otot.
  • Berbaring telentang dan bawa salah satu lutut anda sampai hampir menyentuh kening. Tarik tulang kering sedekat mungkin dan jaga tulang punggung selurus mungkin. Jika sudah terasa tidak nyaman, ganti kaki. Pose senam yoga ini bisa menenangkan pikiran, melancarkan pencernaan dan mengeluarkan gas yang menumpuk di dalam perut.
  • Bernapaslah dengan hanya satu lubang hidung sambil menutup lubang hidung yang satu lagi dengan jempol. Lakukan 50 kali penarikan dan penghembusa napas, lalu ganti ke lubang hidung satunya. Beri jeda selama 5 menit sebelum mengulangi gerakan ini tanpa berhenti. Lakukan ini dimanapun dan kapanpun anda mau.
  • Half spinal twist  merupakan gerakan yang bagus untuk menguatkan tulang punggung. Akan tetapi, harap mencari bantuan profesional sebelum melakukannya.

 

Selain melakukan cara-cara ini, lakukan beberapa tindakan pencegahan untuk mencegah serangan asma. Hindari pergi ke tempat-tempat yang terlalu dingin atau lembab; bila terpaksa melakukannya, jaga agar tubuh tetap hangat. Penderita asma kerap mengalami kambuh di musim dingin, dan banyak penderita yang juga akhirnya mengalami klaustrofobia. Kenali gejala-gejala asma anda sebelum meminta bantuan instruktur yoga profesional, dan jangan kaget  jika anda merasa lebih segar setiap setelah melakukan senam yoga.

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article.